Posted by : Cholif Bima Monday, January 7, 2019

Tonsil atau sering juga disebut amandel, adalah sepasang kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi bagian belakang tenggorokan Anda. Mereka berfungsi sebagai mekanisme pertahanan untuk mencegah infeksi memasuki seluruh tubuh Anda. Amandel dapat memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi. Karena fungsinya tersebut, amandel menjadi rentan untuk terinfeksi dan mengalami peradangan. Kondisi ini disebut tonsilitis.



Tonsilitis dapat terjadi pada semua usia tetapi paling umum pada masa kanak-kanak, yakni pada anak-anak dari usia prasekolah sampai pertengahan remaja mereka. Gejala yang umum dikeluhkan adalah seperti sakit pada bagian tenggorokan, tonsil membesar, dan demam. Gejala biasanya terjadi dalam waktu 7 hingga 10 hari. Tonsilitis relative mudah untuk didiagnosis dan ditangani.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh virus dan bakteri. Untuk lebih lengkapnya dapat membaca artikel Askep Tonsilitis di blog ini. Jika tidak diobati, radang amandel ini akan menimbulkankomplikasi serius. Komplikasi yang bisa dihasilkan oleh tonsilitis ini adalah demam rematik(radang hatisendi, dan jaringan lain), atau glomerulonefritis (radang ginjal).

Ada banyak gejala tonsilitisdan inilah yang paling umum:

  • tenggorokan sangat sakit 
  • kesulitan menelan 
  • suara sengau 
  • demam 
  • sakit perut 
  • sakit kepala dan telinga 
  • leher terasa kaku 
  • tonsil tampak merah dan bengkak 
  • terdapat bintik-bintik putih atau kuning pada permukaan tonsil 

Pada anak-anak yang sangat mudaAnda juga dapat melihat peningkatan iritabilitaskurang nafsu makanatau air liur berlebihanHubungi dokter segera jika Anda atau anak Andamengalami kesulitan bernapas karena amandel membengkak dan menghalangi saluran udara.

Baca juga: Apa Itu Tonsilitis Kronis  

Amandel bengkak dapat menyebabkan kesulitan bernapasyang dapat menyebabkan tidurtergangguTonsilitis yang tidak diobati dapat menyebabkan infeksinya menyebar ke jaringan di sekitarnya. 

Tonsilitis sangat menularUntuk mengurangi peluang Anda untuk mendapatkan tonsilitisjaga jarak dengan orang-orang yang sedang terinfeksiSeringlah mencuci tanganterlebih setelah Anda datang ke suatu tempat dengan seseorang yang memiliki gejala-gejala seperti yang dijelaskan di atasSedangkan jika Anda sendiri yang sedang mengalami tonsilitisberistirahatlah dan kurangi bertemu dengan orang lain sampai kondisi Anda membaik dan tidak lagi menulari.

sumber : http://askeptonsilitis.blogspot.com/2015/04/pengertian-tonsilitis-tonsilitis-adalah.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

JANGAN LUPA FOLLOW

BTemplates.com

- Copyright © Cholif Bima Ardiansyah - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -